Sabtu, 09 Oktober 2010

DESAIN

IMK (Interaksi Manusia dan Komputer)

Nama : Ana Nurdiniah
kelas : 3 ka 11
NPM :10108184

1.Prinsip Desain
Desain biasa deterjemahkan sebagai seni terapan dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “Desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses keratif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Proses desain pada umunya memperhitungkan aspek fungsi. Estetk dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya di dapatkan dari riset , pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perangcangan proses adalah perancangan proses dalam Industri kimia.

2.Ide dalam membuat desain
Berawal dari minat sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, ilustrasi baik berupa foto maupun tulisan.

3.Tantangan dalam membuat desain
Antara lain : proses pembuatan. Metoda merancang. Produk yang dihasilkan (rancangan). Serta disiplin ilmu yang digunakan (desain).

4.contoh desain dalam kehidupan sehari-hari
Gambar, animasi, kartun, lucu

5.Desain grafik
Desain grafik adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi symbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada prooses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencangkup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Bagian dari intgerface yang terlihat dan menimbulkan cita rasa:
a). sesuatu yang seseorang lihat pertama kali, dan menimbulkan kesan serta mempengaruhi tingkat emosi (mood)
b).salah satu bentuk seni lukis(gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto , tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk di produksi dan di komunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bias berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafi umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dll.

 Filosofi Desain
-Elemen Visual Ekonomi
-Tidak berlebihan
-Jelas dan terorganizir dengan baik

 Prinsip Desain Grafik
1.Metafora (proses perancangan bentuk). Maksudnya menampilkan dan menggambarkan elemen-elemen (titik, garis, warna, ruang, dan tekstur) yang relefandan dikenali. Menggunakan desktop yang berhubungan dengan perancangan interface (adobe photoshop, corel draw, dan macromedia flash, dll).
2.Kejelasan. setiap elemen yang digunakan pada interface harus beralasan dalam penggunaannya. Memperjelas pesan yang diberikan. Memberikan relax pada mata dalam menatap elemen-elemen saat beraktifitas. Menawarkan kesederhanaan, enak di lihat, berkelas dan jelas.
3.Konsisten
Konsisten dalam layout, warna, gambar (image), icon, tipografi, teks, dll
-konsisten pada layar, perpindahan anatar layar satu ke layar lain
-konsisten pada desain interface yang dirancang
-bidang kerja (platform) mempunyai petunjuk tuntunan

 Pembuatan User Interface
Digunakan untuk mempermudah user dalam mengkomunikasikan bentuk desain ke dalam sebuah gambar, tulisan dsb.

 Teknik Koding
-digunakan sepintas lalu, baik untuk menarik perhatian tapi jarang digunakan
-mengabaikan penggunaan video, baik untuk membuat sesuatu menjadi solid tapi jarang digunakan. Mungkin mata tapi dapat mengganggu setelah bebrapa waktu.

 Tipografi (typography)
- karakter dan symbol dalam penggunaannya mudah di lihat dan dibedakan:
-menghidari penggunaan upper case (huruf besar) pada tiap huruf dalam suatu pengetikan naskah.
-berdasarkan studi di temukan bahwa penggunaan campuran huruf kecil dan besar mempercepat proses membaca.
- Mudah di baca
- Mudah dikenali dengan adanya sekumpulan jenis huruf yang digunakan untuk mengetik suatu naskah/teks.

 Fonts
menggunakan serif untuk badan teks;sans serif untuk judul:
-menggunakan 1-2 huruf (maksimum 3 huruf)
-menggunakan jenis huruf normal, italic, bold
-ukuran huruf maksimum 1-3 jenis ukuran
-perhatikan warna dari background teks

 Warna (atribut, asosiasi)
Warna dapat di definisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indra penglihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energy yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik.

Dari sekian banyak warna, dapat dfi bagi dalam beberapa bagian yang sering dinamakan dengan system warna Prang System yang ditemukan oleh Louis Prang pada tahun 1876 atau disebut juga sebagai atribut warna meliputi :
1.Hue adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah,biru, hijau, dsb.
2.Value adalah dimensi kedua atau mengenai terang gelapnya warnaa. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih hingga hitam.
3.saturation/Intensity, seringkali disebut dengan chorma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.

 Desain Icon
Merancang tugas/pekerjaan
-menampilkan objek atau aksi dalam tata cara yang mudah di kenali dan di ingat
-keragaman icon berjumlah terbatas
-icon dimunculkan pada latar belakang
-pastikan bahwa pada salah satu icon yang di pilih terlihat lebih terang dari yang lain
-tiap icon menggunakan simbol yang berbeda satu denagn yang lain
-membuat icon yang sejenis ke dalam kelompok icon yantg berkaitan
-menghindari penggunaan icon terlalu terinci.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates