Selasa, 09 November 2010


Alay…
wah apaan tuh???
Mungkin kalian eh, kita udah familiar banget ama kata ini.
Ada tulisan alay, gEdE kEc!l eN p4K3 An6ka…

Band alay yang katanya Kangen Band, D’Masiv, ST 12, dll (maap yah, aku cuma nulis band – band yang sering masuk daftar band alay..
Nah…
SEBENERNYA ALAY ITU APA SIH???
ALAY ITU APA???
Penasaran deh, orang – orang sering ngomong kata alay. Alay itu apa??? Apa arti alay secara ilmiahnya?? (halah…)


So, what is the meaning of alay???
nih arti Kata Alay dari jalan2 ke Blog tetangga
alay adalah singkatan dari anak layangan. pokonya anak anak nora pokonya. gayanya sok asik. tingkatan paling rendah dari strata remaja!!! lebih norak dari anak kampung ya kurang lebih gitu.. contoh ALAY :
1. Selalu ngerasa paling tahu tentang musik. Sok suka dengerin Bullet for My Valentine, tapi kalau Kangen Band manggung suka heboh sendiri .
2. Tongkrongannya di pinggir pinggir jalan .Yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat .(Ga ada kerjaan memilih untuk merusuh biar gaoels)
3. Kalo di mall selalu bawa headset buat dengerin lagu lewat handphone(baca no 1).
4. Sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.
5. Sok pengen 'gaul' mau ngikutin tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY.Contoh: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah,kacamata biru! NORAK !. Intinya berpakaian seperti pergi ke pesta kostum.
6. Berhubung abegong baru kenal yang namanya kamera ,dimana-mana SELALU ada acara yg namanya 'putu putu narziz' .Entah itu di sekolah, WC, mobil, kamar, stasiun, angkot,dll.
7. Fotonya dengan bermacam gaya, mulai dari gaya di imut imutin,dideketin lampu biar 'terang banget' (serasa foto di studio foto dengan flash lengkap),foto deket banget dari wajah (biar busuknya tidak terlihat, tapi jerawat segede duren jadi keliatan).
klo NU L I S :
o iya : ia
o kamu: kamuh, kammo, kamoh, kamuwh, kamyu, qamu, etc
o aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,etc
o maaf: mu'uph,muphs,maav,etc
o sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
o add : ett,etths,aad,edd,etc
o for : vo,fur(zz),pols,etc
o lagi : agi,agy
o makan: mums,mu'umhs,etc
o lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc
o siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
o apa : uppu,apva,aps,etc



Memble dan Kece
Istilah ini ciptaan khas Jaja Mihardja di tahun 1986, kemudian dimainkan dalam film Memble tapi Kece yang diperankan oleh Jaja Mihardja sendiri dan Dorce Gamalama.



Jaim
Ucapan Jaim ini di populerkan oleh Bapak Drs. Sutoko Purwosasmito, seorang pejabat di sebuah departemen, yang selalu mengucapkan kepada anak buahnya untuk menjaga tingkah laku, pada suatu hari Pak Pur, begitu ia sering dipanggil,
berpidato di hadapan anak buahnya untuk Jaim, inilah kutipan kata-katanya saudara-saudara sebagai pegawai negeri kita harus Jaim, apa itu Jaim Jaim itu yah...Jaga Imej itulah awal kata- kata Jaim itu populer, kemudian seorang anak buah Pak Pur, Bapak Dharmawan Sutanto, yang punya anak bernama Santi Indraswara, pernah
memarahi Santi untuk gak terlalu ngumbar ama temen-temen cowoknya San...kamu kalo jadi cewek harus Jaim..!!!! Santi bengong dengan muka begonya dia nanya Pa...Jaim itu apa seh..? Pak Dhar langsung keluar kamar Santi sembari ngomong Jaim itu Jaga Imej... Santi yang masih bengong cuman ngucapin ooooh. Nah hari seninnya Santi pas upacara bendera dia ditugaskan jadi pembaca UUD 1945, diakhir kata dia gak sengaja ngucapin Jaim doooong........ Kepala Sekolahnya langsung noleh ke Santi dan nanya keSanti apa tuh Jaim Santi dengan santai jawab Jaga Imej...Pak eh Kepala Sekolah dengan muka bego juga cuman ngucapin Ooohh..



Gitu Loooooooooohhh........(GL)
Kata GL pertama kali diucapin oleh Gina Natasha seorang remaja SMP di kawasan Kebayoran, Gina ini punya kakak bernama Ronny Baskara seorang pekerja event organizer, nah si Ronny ini punya temen kantor bernama Siska Utami, pada suatu
saat Siska bertandang ke rumah Ronny, pas dia ketemu si Gina, Siska nanya Kakakmu mana si Gina ngejawab di kamar, Gitu Loooohhh.. terus pas di tanya lagi Eh Gina kelas berapa ! sekarang si Gina ngejawab Kelas dua SMP Gitu looohhh.. Yah namanya tamu, Siska trus nanya Gina, kalau yang benerin genteng bocor siapa seh? Gina
ngejawab Siapa aja ..Gitu Looohhh sampai sebelas pertanyaan selanjutnya si Gina ngejawb dengan kata-kata Gitu Looohh... Esoknya si Siska di kantor ikut-ikutan latah dia ngucapin kata Gitu Loooohhh...di tiap akhir kalo dia ngomong.



Booo…
Ini ucapan populer di pertengahan awal 1990-an, pertama dipoplerkan oleh grup GSP. Kalau tidak salah yang pertama kali mengucapkan itu Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan, kemudian kata-kata ini dipopulerkan oleh grup Lenong Rumpi. Kata ini populer dalam lingkungan pergaulan artis, Titi DJ-lah orang yang benar-benar memopulerkannya.



Nek…
Setelah kata-kata Boo, tak lama kemudian muncul kata-kata Nek. Bagi generasi yang SMA- nya di pertengahan 1990-an pasti mengalami bagaimana populernya kata-kata ini. Ucapan Nek pertama kali diucapkan oleh Budi Hartadi, seorang remaja di kawasan Kebayoran yang tinggal sama neneknya, maka dia sering mengucapkan kata Nek. Kebetulan dia latah, sehingga setiap ngomong dia mengucapkan Nek… “Nek… eh lo mau ke menong Nek?” itu contohnya, si Budi ngomong ke temannya.

Si Budi ini senang bergaul di kawasan Jalan Tjokroaminoto, Menteng. Nah, kebetulan ada banci menteng yang mendengar, kemudian si banci itu mengikuti kata-kata si Budi.




Suneh

Singkatan Suka Aneh



MOGE :
Awalnya kata ini merupakan singkatan dari Motor Gede dan dipopulerkan oleh kelompok penyuka motor gede tahun 2008 silam. Namun belakangan, kata itu diplesetkan banyak orang menjadi Motor Gelo yang ditujukan pada orang-orag norak yang suka bikin rusuh, mau menang sendiri, dan bikin muak banyak orang.



CUMI :
Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Awalnya kata ini dipopulerkan oleh sebuah produk kartu telpon seluler di tahun 2008an, yang akhirnya berkembang menjadi bahasa gaul anak-anak remaja untuk menjelaskan kondisinya saat ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan lain-lain.



PRIKITIW :
Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan. Adalah Sule, seorang komedian lokal, yang melontarkan celutukan nakal yang kini menjadi bahasa pergaulan itu.



SUTRALAH :
Merupakan pemanjangan dan plesetan dari kata “Sudahlah”. Kata ini juga dipopulerkan oleh kaum waria dan mulai populer di tahun 90an akhir.



BONYOK :
Kata ini merupakan singkatan dari Bokap-Nyokap (orang tua). Tidak jelas siapa yang mempopulerkan kata ini, tapi kata ini mulai sering digunakan diperiode awal 2000an, ketika bahasa sms mulai populer di kalangan remaja.
Bokap (Ayah) dan Nyokap (Ibu) sendiri merupakan istilah yang telah populer sejak tahun 80an dan masih digunakan hingga hari ini.



LEBAY :

Merupakan hiperbol dan singkatan dari kata “berlebihan”. Kata ini populer di tahun 2006an. Kalo tidak salah Ruben Onsu atau Olga yang mempopulerkan kata ini di berbagai kesempatan di acara-acara di televisi yg mereka bawakan, dan biasanya digunakan untuk “mencela” orang yang berpenampilan norak.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates